10 Kota dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi di Asia Tenggara, Jakarta ke 8

Indokriminal – Setiap kota di dunia memiliki tingkat kejahatan yang berbeda, ada yang aman tetapi ada juga yang berbahaya. Numbeo melaporkan, ada 10 kota dengan tingkat kriminalitas tertinggi di Asia Tenggara.

Kota-kota di Malaysia mendominasi daftar tersebut. Klang di Malaysia memiliki indeks kriminalitas 64,52 poin, tertinggi dibandingkan kota lainnya di Asia Tenggara.

Disusul Manila, Filipina dengan skor indeks kriminalitas sebesar 64,39 poin. Kuala Lumpur, Malaysia menempati urutan berikutnya dengan skor indeks 63,85 poin.

Sementara, dua kota di Malaysia lain, yakni Johor Bahru dan Petaling Jaya masing-masing memiliki skor 55,96 poin dan 55,53 poin.

Jakarta masuk dalam daftar 10 besar kota dengan tingkat kriminalitas tertinggi di Asia Tenggara, tepatnya di urutan kedelapan dengan skor 53,5 poin.

Baca juga  Atasi Kriminalitas Geng, Swedia Hendak Kurangi Hukuman Saksi Kunci

Skor indeks kriminalitas Jakarta berada di bawah Ho Chi Minh City, Vietnam yang sebesar 53,84 poin. Indeks kriminalitas menggunakan skala 0-100.

Numbeo menjelaskan, skor indeks kurang dari 20 menandakan bahwa tingkat kriminalitas di suatu negara sangat rendah. Sebaliknya, skor indeks di atas 80 menandakan tingkat kriminalitas di suatu negara sangat tinggi.

10 Kota dengan Indeks Kriminalitas Tertinggi di Asia Tenggara 2022:
1. Klang (Malaysia)
2. Manila (Filipina)
3. Kuala Lumpur (Malaysia)
4. Quezon City (Filipina)
5. Johor Bahru (Malaysia)
6. Petaling Jaya (Malaysia)
7. Ho Chi Minh City (Vietnam)
8. Jakarta (Indonesia)
9. Phnom Penh (Kamboja)
10. Cebu (Filipina)