News  

4 Pelaku Pembunuhan Pria Berkaus Captain America Diringkus Polisi

Indokriminal – Pembunuhan pria berkaus ‘Captain America’ di Sukamakmur, Kabupaten Bogor, akhirnya terungkap. Empat pelaku kini sudah ditangkap polisi.

“Dari hasil penyelidikan yang telah dilaksanakan, selanjutnya diperoleh informasi dan mengarah 4 orang yang diduga melakukan pembunuhan kepada korban. Keempatnya saat ini sudah diamankan,” ujar Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin dalam jumpa pers di Mapolres Bogor, Jalan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Kamis (11/8/2022).

Iman mengatakan keempat orang tersebut saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka dijerat dengan Pasal 338 KUHP dan/atau Pasal 365 KUHP tentang pembunuhan dan/atau pencurian dengan kekerasan.

“Kemudian berdasarkan fakta dan bukti, kami sudah tetapkan 4 orang tersebut sebagai tersangka karena diduga melakukan tindakan pidana tersebut,” tambahnya.

Keempat tersangka yang ditangkap ialah AK (33) asal Kalimantan Barat, AA (37) asal Jakarta Timur, D (37) asal Jakarta Timur, dan RH (25) asal Jakarta Timur. Keempat tersangka ditangkap polisi di kawasan Jakarta Timur.

“Untuk keempat tersangka saat ini sudah dilakukan penahanan,” kata Iman.

Dalam pengungkapan tersebut, diamankan barang bukti berupa 3 unit handphone, rekening koran atas nama Nurcholys, 6 buah cable ties untuk mengikat dan menjerat korban, 1 karung goni yang digunakan para pelaku membungkus korban, 1 buah sepatu korban, dan 1 kaus korban bergambar logo ‘Captain America’.

Baca juga  Gagal Curi Motor, Pelaku Umbar Tembakan Bak Koboi!

Diberitakan sebelumnya, polisi berhasil mengidentifikasi mayat pria yang ditemukan tertutup karung dan tangan terikat di Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (30/8) lalu.

Korban merupakan pria asal Kalimantan Barat berinisial AH (36). Korban datang ke Jakarta untuk sebuah urusan.

“Dari hasil olah TKP, kita sudah temukan identitas, korban inisial AH (36) asal Kalimantan Barat,” kata Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo Tarigan kepada detikcom, Minggu (31/7).

Dalam rekaman video yang dilihat detikcom, mayat pria tersebut ditemukan dengan posisi telungkup dan sebagian tubuh, dari kepala hingga dada, berada di dalam karung. Dalam video itu juga tampak tangan korban terikat cable ties warna putih.

Dalam tayangan berikutnya, tampak korban sudah dievakuasi warga. Dalam rekaman video itu juga tampak leher korban terjerat tali ties warna putih dan mata ditutup buff. Saat ditemukan, korban menggunakan kaus hitam bergambar logo Captain Amerika, celana hitam, dan jaket warna biru.

Baca juga  ART Indonesia Ditahan di Singapura, Diduga Bunuh Majikannya

Ke Jakarta dengan Tujuan Khusus

Sebelumnya Polisi mengungkapkan awal mula tujuan AH terbang dari Kalbar ke Jakarta.

“Kalau berdasarkan informasi awal dari saksi kami peroleh, korban sedang mencari pinjaman uang atau sedang berupaya untuk meminjam uang. Namun kami sedang menelusuri komunikasi terakhir yang bersangkutan dengan pihak siapa saja,” kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Senin (1/8/2022).

AH ditemukan tewas pada Sabtu (30/7) pagi dalam kondisi tangan terikat. Jenazah AH telah diserahkan ke pihak keluarga setelah diautopsi.

“Terhadap jenazah sudah kami lakukan autopsi di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Jenazah sendiri sudah diserahkan kepada pihak keluarga untuk dikuburkan,” kata Iman.

Polisi masih menunggu hasil autopsi jenazah AH. Sejauh ini polisi tak menemukan luka luar pada tubuh korban.

“Untuk hasil autopsi, kami masih menunggu dari tim forensik RS Polri Kramat Jati. Sejauh ini kami tidak temukan adanya luka luar,” tambahnya.

Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo Tarigan menambahkan, AH diketahui meninggalkan Kalimantan Barat untuk menyelesaikan urusan khusus di Jakarta.

Baca juga  Ini Alasan JNE Kubur Beras Bantuan Presiden di Depok

Namun, tak lama tiba di Jakarta, AH tidak bisa dihubungi pihak keluarga hingga akhirnya ditemukan tewas dengan kondisi tangan terikat di Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Kalau keterangan keluarga hanya itu tadi, hanya menerangkan bahwa korban itu pamitan pergi dari Kalimantan Barat ke Jakarta karena ada kepentingan khusus, mungkin setelah itu sudah tidak terjalin lagi komunikasi dengan pihak keluarga,” kata Siswo.

Siswo menyebutkan saat ini pihaknya masih mendalami keterangan dari lihak keluarga AH untuk mengungkap siapa pembunuh AH.

“Kalau keterangan ibunya, itu sekitar tanggal 29 itu Hari Jumat masih komunikasi, posisi sudah di Jakarta,” terang Siswo.

“Kita masih mintai keterangan pihak keluarga, masih kita gali,” kata Siswo.

Seperti ketahui, AH ditemukan tewas di bawah jembatan Desa sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Sabtu (30/7) pagi.

Saat ditemukan, AH yang menggunakan kaus bergambar logo Captain America itu sudah terikat tangannya dengan cable ties, leher diikat cable ties, dan mata ditutup buff. Sebagian tubuh AH juga dimasukkan ke karung goni.