Ragam  

Apa Itu Kriminalitas? Berikut Penjelasan dan Pengertiannya

Apa Itu Kriminalitas? Berikut Penjelasan dan Pengertiannya
istockphoto.com

Tahukah Anda apa itu kriminalitas? Kriminalitas berasal dari kata crimen yang berarti kejahatan, tindak kriminal atau sejenisnya. Tindakan kriminal ini tentu saja dapat merugikan pihak manapun. Sebab kejahatan-kejahatan yang dilakukan berupa hal-hal yang mencelakakan seseorang.

Sehingga dapat menimbulkan banyak permasalahan. Selain itu, juga akan berurusan dengan pihak yang berwajib. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih tentang kriminalitas, simak artikel ini.

Apa Itu Kriminalitas? Berikut Penjelasan dan Pengertiannya
istockphoto.com

Apa Itu Kriminalitas? Berikut Ini Pengertiannya

Kriminalitas merupakan suatu kejahatan yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau komunitas yang melanggar peraturan hukum negara. Sehingga hal ini akan mengganggu kedamaian atau stabilitas sosial dalam masyarakat.

Tindakan kriminal yang dilakukan oleh pelaku tentunya memiliki alasan tersendiri. Entah itu karena kebutuhan atau gangguan jiwa mereka. Apa saja faktor yang memicu tindak kriminal?

Baca juga  Penyebab Remaja Bertindak Kriminal, Ini Dia Beberapa Penyebabnya

Beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya tindak kriminal atau kejahatan antara lain yaitu:

Kondisi Sosial

Perlu Anda ketahui bahwa kondisi sosial juga dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan tindak kriminal. Beberapa contoh tindak kriminal yang dapat terjadi akibat kondisi sosial antara lain yaitu, kemiskinan yang semakin menjamur, tekanan mental, broken home, persaingan, dan lain-lain.

Tentunya kondisi ini merupakan salah satu kondisi yang sering menjadi alasan orang berbuat tindakan kriminal.

Degradasi Mental

Seringkali seseorang bertanya tentang apa itu kriminalitas dan penyebabnya. Salah satu hal yang menyebabkan seseorang bertindak kriminal adalah adanya gangguan mental, stress, depresi, dan juga tidak menemukan tempat pelampiasan. Sehingga seseorang tersebut akan melampiaskan ke orang lain untuk meredam rasa kesalnya.

Baca juga  Jangan Lengah, Cara Menghindari Gendam Terapkan 5 Hal Ini!

Mereka merasa tindakan yang demikian tidak akan membuat mereka menyesal setelah melakukannya. Tanpa sadar bahwa mereka sudah melakukan tindak kriminal.

Dampak Kriminal

Adapun beberapa dampak yang diakibatkan oleh tindakan kriminal yaitu:

Traumatis

Tindak kejahatan yang dilakukan seseorang dapat menimbulkan traumatis pada korban. Hal ini biasanya terjadi pada pencabulan wanita.

Merusak Keamanan

Tindakan kriminalitas ini tentunya akan berdampak pada kerusakan keamanan atau kedamaian di lingkup masyarakat. Sebab hal tersebut akan membuat beberapa orang menjadi cemas, takut, dan lain sebagainya.

Penjelasan tentang apa itu kriminalitas di atas merupakan penjelasan singkatnya. Jika ingin tahu yang lebih lagi, Anda bisa menonton atau mencari info melalui sosial media atau website.

Baca juga  Penganiayaan Anak di Bawah Umur dan Pasal yang Menjeratnya