Ragam  

Bentuk Kekerasan Rumah Tangga yang Penting untuk Diketahui

Bentuk Kekerasan Rumah Tangga yang Penting Untuk Dikerahui
Bentuk Kekerasan Rumah Tangga. Foto : pinterest.com

Bentuk kekerasan rumah tangga sebenarnya ada banyak, tidak hanya fisik saja, namun juga secara psikologi dan seksual. Karena itu agar Anda lebih mengenal mengenai kekerasan rumah tangga yang bisa saja terjadi.

KDRT, tidak hanya berakibat buruk untuk korban, namun untuk anak-anak juga. Hal ini bisa mempengaruhi psikis sangat anak. Karena itu, ada baiknya Anda kenali kekerasan dalam rumah tangga yang mungkin terjadi.

Bentuk Kekerasan Rumah Tangga yang Penting Untuk Dikerahui
pinterest.com

Berikut Bentuk Kekerasan Rumah Tangga

Kekerasan rumah tangga atau KDRT merupakan bentuk ancaman, pelecehan, dan kekerasan yang terjadi dalam hubungan pernikahan dalam anggota keluarga lain. Hal ini sebenarnya masuk dalam hubungan abusive dan toxic yang sering terjadi.

Kebanyakan korbannya adalah wanita, sayangnya hal ini sering kali ditahan, sehingga ada banyak korban yang tidak mau mengaku telah disakiti oleh anggota keluarganya. Lalu apa saja bentuk KDRT tersebut? Berikut kami sertakan dalam artikel.

Baca juga  Tips Menghadapi Kriminalitas Pada Anak, Coba Beberapa Tindakan Ini

Kekerasan Emosional

Bentuk kekerasan rumah tangga ini mungkin saja pernah dan sedang Anda alami. Biasanya, ketika pasangan mengkritik menghina di depan umum, sering menyalahkan Anda, dan berperilaku kasar. Anda merasa takut dengan pasangan dan sering merubah tindakan dan perilaku untuk menghindari pasangan.

Kekerasan dan Intimidasi

Pasangan yang melakukan KDRT seringkali melakukan tindakan intimidasi dan ancaman kepada pasangannya. Tindakan yang sering dilakukan adalah menghancurkan atau membuang barang milik Anda, pasangan selalu ingin tahu Anda ada dimana.

Pasangan terlalu curiga dengan tindakan Anda, mengancam akan bunuh diri atau membunuh anak Anda. Bahkan pasangan akan membatasi uang yang dipegang, sehingga Anda tidak bisa membeli barang yang ingin Anda miliki.

Baca juga  Kenali Pengertian serta Beberapa Bentuk Tindakan Kekerasan Berikut!

Kekerasan Fisik

Tindakan yang seringkali terjadi adalah memukul, menampar, menendang, menjambak, mencekik, atau membakar anggota tubuh. Biasanya korbanya bisa istri atau anak. Tidak jarang, orang tua yang memukul anak dengan alasan cemburu, minuman beralkohol, hingga obat-obatan.

Kekerasan Seksual

Dalam rumah tangga, kekerasan seksual juga bisa terjadi. Seperti pasangan yang memaksa melakukan hubungan seksual, menyentuh anggota tubuh sensitif dengan cara tidak baik, menyakiti ketika berhubungan badan. Bahkan ada juga kasus, pasangan atau orang tua yang memaksa anaknya untuk berhubungan badan dengan orang lain yang belum dikenal.

Bentuk kekerasan rumah tangga ini perlu Anda ketahui. Sebab ada beberapa orang yang tidak sadar, jika dia sudah mengalami KDRT, dan menganggap hal tersebut wajar.

Baca juga  Berikut Contoh Tindakan Kriminal yang Perlu Diwaspadai