Ragam  

Cara Mencegah Kejahatan Cyber Crime, Ketahui Sebelum Rugi

Cara Mencegah Kejahatan Cyber Crime Ketahui Sebelum Rugi
nusabali.com

Cara mencegah kejahatan cyber crime wajib kita semua ketahui. Kita sebagai salah satu pengguna internet serta smartphone, ternyata bukan tidak mungkin apabila kita akan menjadi salah satu sasaran kejahatan yang berbasis teknologi tersebut. Seperti yang sudah kita ketahui juga tepatnya pada tahun 2018 Indonesia mendapat peringkat ke-9 sebagai negara yang pendapat serangan cyber crime.

Namun, seiring perkembangan teknologi digital, kejahatan ini juga bermotif finansial serta menargetkan pada aplikasi ecommerce, investasi, dan pada sistem pemrosesan data keuangan online. Namun ketahuilah, bahwa ancaman kejahatan pada sektor finansial lebih berbahaya. Karena dampaknya akan langsung berakibat pada kerugian finansial korban.

Cara Mencegah Kejahatan Cyber Crime Ketahui Sebelum Rugi
nusabali.com

Beberapa Cara Mencegah Kejahatan Cyber Crime

Tentunya semua orang tidak ingin menjadi korban atas pelaku kejahatan tersebut. Apalagi sekarang ini kita juga sadar bahwa dalam kehidupan sehari-hari itu kita selalu menggunakan smartphone dan internet. Maka dengan demikian itu, penting sekali kita mengetahui bagaimana cara melakukan pencegahan terhadap kejahatan cyber crime tersebut.

Baca juga  Tips Mencegah Kriminalitas yang Terjadi, Agar Anda Tetap Aman

Keamanan Akun Email

Untuk yang pertama adalah mengenai keamanan akun email. Ketika kita menggunakan email, bukan hanya untuk keperluan mengirim ataupun menerima pesan saja. Tetapi juga bisa menjadi penghubung berbagai aplikasi yang salah satunya itu adalah investasi serta perbankan dan jenis e-commerce. Dengan demikian itu, tidak heran apabila banyak pelaku kejahatan ini menjadikan email sebagai sasaran utama.

Dengan demikian itu, pastikan saat kita membuat email itu rumah akun Anda benar-benar aman. Usahakan juga, untuk tidak menggunakan software ataupun aplikasi bajakan.

Akun Media Sosial

Bukan hanya itu saja yang harus kita perhatikan, namun penggunaan akun media sosial juga harus kita perhatikan keamanannya. Orang-orang sekitar juga semakin gemar untuk menggunakan medsos sebagai media komunikasi serta berekspresi. Tetapi tanpa disadari sebenarnya kita sudah memberikan informasi berkaitan dengan teman keluarga yang ada di kontak kita.

Baca juga  Jenis Kekerasan Terhadap Perempuan yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

Perlu Anda ketahui, sebenarnya informasi tersebut bisa saja digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab kemudian merekayasa. Untuk itu, mengenai keamanan akun media sosial yang kita miliki harus benar-benar kita pastikan. Batasi Informasi pribadi, melaporkan aktivitas yang sekiranya mencurigakan, dan ganti kata sandi Anda.

Smartphone juga perlu kita perhatikan keamanannya. Terlebih ketika kita akan melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan aplikasi Mobile Banking. Meskipun begitu, pada kenyataannya smartphone juga membantu manusia untuk melacak identitas. Bisa lokasi, informasi tentang teman, keluarga serta kontak yang Anda miliki. Dengan begitu keamanan ponsel juga merupakan hal yang harus kita perhatikan sebagai cara mencegah kejahatan cyber crime.

Baca juga  Cara Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak yang Harus diterapkan