Ragam  

Cara Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak yang Harus diterapkan

Cara Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak yang Harus diterapkan
pixabay.com

Ada banyak cara mencegah kekerasan seksual terhadap perempuan, terutama untuk kalangan anak-anak sampai dengan anak remaja. Kekerasan seksual sendiri adalah salah satu kasus kekerasan yang banyak dialami oleh anak daripada kekerasan fisik dan psikis.

Bahkan parahnya lagi pelaku dari tindakan seksual ini juga seringkali berasal dari orang-orang terdekat korban. Meskipun tidak selamanya begitu, kita sebagai manusia juga harus bisa menghindari tindakan yang tidak terpuji itu. Bagaimana caranya?

Cara Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak yang Harus diterapkan
pixabay.com

Simak Beberapa Cara Mencegah Kekerasan Seksual yang Tepat Agar Aman

Akhir-akhir ini memang tindakan kekerasan hingga pelecehan terhadap kaum perempuan memang marak terjadi. Oleh karena itu sebagai perempuan ada baiknya kita harus selalu mewaspadainya, apalagi jika tindakan seperti itu sering terjadi di tempat umum.

Baca juga  Tips Ambil Sikap yang Tepat Ketika Ada Kekerasan Disekitar Kita

Parahnya lagi pelaku dari tindakan seperti ini juga bisa memanfaatkan kondisi hingga kelemahan orang lain. Sehingga bisa saja mereka akan menggunakan kelemahan si korban agar melakukan apapun yang ia inginkan.

Namun, tindakan seperti ini memang dapat kita cegah dengan cara memperkuat hak asasi manusia dan dengan melakukan beberapa cara. Apalagi bagi Anda yang memiliki anak kecil dan remaja, terutama perempuan, maka harus selalu mengawasinya dengan tepat.

Tips untuk Mencegah Kekerasan Seksual

Salah satu cara mencegah kekerasan seksual pada anak adalah dengan memberikan edukasi tentang seks kepada anak. Walaupun edukasi seks seperti ini dianggap tabu oleh sebagian besar masyarakat, namun hal ini justru bisa menjadi langkah utama.

Baca juga  Simak Tips Melindungi Diri dari Kejahatan di Jalan, Penting!

Jadi edukasi ini bisa untuk memberi pengertian terhadap anak bahwa tubuhnya adalah ranah privat yang tidak boleh orang lain pegang. Tidak hanya itu saja, melainkan menjalin komunikasi kepada anak juga merupakan salah satu langkah mencegah kekerasan seksual.

Nah, dengan komunikasi yang baik, maka orangtua bisa memberi informasi kepada anak-anak mengenai edukasi seksual. Bahkan dengan berkomunikasi, maka bisa untuk memberi gambaran kepada orang tua terkait dengan siapa anaknya berinteraksi.

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah jangan bepergian dengan orang-orang yang belum kita kenal. Terutama bagi kaum perempuan yang lebih rentan terkena tindakan kekerasan seksual, maka harus tetap mewaspadainya.

Beberapa cara mencegah kekerasan seksual ini sangat penting dilakukan oleh para orangtua kepada anak-anaknya. Tujuannya adalah si anak agar terhindar dari kejahatan seperti ini yang bisa berujung rasa trauma

Baca juga  Apa Itu Kriminalitas? Berikut Penjelasan dan Pengertiannya