Ragam  

Cara Mengatasi Kriminalitas yang Terjadi di Sekitar Kita

Cara Mengatasi Kriminalitas Yang Terjadi Di Sekitar Kita
pixabay.com

Saat ini semakin marak tindakan kriminalitas di lingkungan kita, tentu kita harus mencari cara mengatasi kriminalitas ini. Maraknya tindakan kriminalitas di lingkungan kita menandakan bahwa situasi keamanan saat ini memang belum bisa kondusif.

Sebenarnya tidak hanya di sekitar kita saja, bahkan mungkin setiap harinya ada saja tindakan kriminalitas yang terjadi. Peningkatan angka kriminalitas ini menunjukan bahwa saat ini penjahat sudah tidak takut lagi dihukum untuk sekedar penjara.

Cara Mengatasi Kriminalitas Yang Terjadi Di Sekitar Kita
pixabay.com

Berikut Cara Mengatasi Kriminalitas

Sebenarnya kriminalitas ini dapat terjadi dengan berbagai pemicu. Namun faktor ekonomi masih sering menjadi alasan seseorang melakukan tindakan kriminalitas, apalagi tindakan ini begitu sering terjadi di lingkungan masyarakat dengan berbagai kelas sosial.

Baca juga  Dampak Kekerasan Fisik pada Anak, Para Orangtua Wajib Tahu Ini!

Bahkan tindakan kriminalitas ini tidak hanya menyebabkan kerugian saja, namun juga mengakibatkan seseorang kehilangan nyawanya. Maka dari itu, kita harus segera mencari cara mengatasi tindakan kriminalitas di lingkungan kita.

Dengan mengerahkan segenap pasukan mulai dari diri sendiri hingga pemerintah, angkat tindak kriminalitas bisa perlahan berkurang. Berikut beberapa upaya yang bisa terlaksa.

Tindakan Tegas dari Aparat Hukum

Salah satu cara mengatasi kriminalitas adalah dengan membuat pelaku mendapatkan efek jera. Hal ini bisa kita lakukan, jika aparat hukum dapat menindak secara tegas terhadap pelaku yang melakukan tindak kriminalitas.

Perlakuan Hukum Sama Rata

Saat ini masih sering terjadi perlakuan hukum bagi para pelaku kriminalitas yang tidak disamaratakan. Hal ini padahal bisa memicu terulangnya tindakan kriminalitas tersebut. Misalnya, jika orang tersebut memiliki jabatan maka akan kebal terhadap hukum, sehingga mereka biasanya akan mengulangi hal tersebut.

Baca juga  Cara Menghindari Pergaulan Bebas untuk Remaja yang Benar dan Efektif

Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Seperti yang kita tahu tingginya angka kriminalitas sebagian besar terjadi karena adanya masalah ekonomi, salah satunya banyak pengangguran. Untuk itu, membuka lapangan pekerjaan sebanyak mungkin dapat mengurangi risiko tindak kriminalitas.

Menumbuhkan Kerjasama Antara Aparat dengan Masyarakat

Untuk mencegah tindak kriminalitas, tentu membutuhkan kerjasama antara masyarakat dengan aparat penegak hukum. Cara mengatasi kriminalitas ini dinilai cukup efektif, karena dengan kerjasama kedua pihak tersebut bisa mencegah terjadinya tindakan preventif.