Ragam  

Cara Mengatasi Tawuran Antar Pelajar yang Mudah Dilakukan

Cara Mengatasi Tawuran Antar Pelajar Yang Mudah Dilakukan
pinterest.com

Cara mengatasi tawuran antar pelajar merupakan hal yang perlu dilakukan. Apalagi kini, sekolah sudah mulai dibuka kembali, tentunya semua orang tidak mau anak-anak mereka terlibat baku hantam karena masalah sepele antar sekolah.

Karena itu, ada baiknya jika sebagai orang tua dan pihak pendidik perlu mengetahui cara mencegah tawuran antar siswa. Untuk itu, kami juga akan memberikan cara termudah untuk mencegah tawuran terjadi.

Cara Mengatasi Tawuran Antar Pelajar Yang Mudah Dilakukan
pinterest.com

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Tawuran Antar Pelajar

Di kota besar, tawuran antar pelajar sering kali terjadi. Hal ini juga masuk dalam tindak kriminal anak-anak yang melenceng dari kodratnya. Alih-alih menambah pertemanan, tawuran terjadi biasanya karena masalah kecil yang dibesar-besarkan.

Baca juga  Cara Mengurangi Tindak Kejahatan di Lingkungan Sekitar

Untuk mengatasinya maka perlu menggunakan beberapa cara berikut ini.

Memberlakukan Peraturan Sekolah yang Tegas

Peraturan yang menyatakan siswa siswi yang terlibat tawuran akan dikeluarkan dari sekolah. Jika semua siswa terlibat dalam tawuran, maka sekolah akan mengeluarkan semuanya, dan melakukan penerimaan siswa baru lagi.

Memberikan Pendidikan Anti Tawuran

Melakukan tindakan tanpa kekerasan bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah tawuran. Ajarkan cara menyelesaikan masalah dengan baik, tanpa adanya tindakan kekerasan.

Memisahkan Pelajar Yang Sering Bertindak Kriminal Dengan yang Lain

Sifat manusia itu berbeda-beda, ada yang baik dan ada yang buruk. Dari pada menularkan sifat pemberontak pada siswa lainya, lebih baik identifikasi lebih awal. Setelah itu, lakukan bimbingan konseling, tingkat tinggi untuk menghilangkan sifat jahat tersebut.

Baca juga  Cara Melindungi Diri Dari Kejahatan Bagi Wanita, Simak Disini!

Kolaborasi Antar Sekolah

Kebanyakan sekolah hanya melakukan pembelajaran di lingkungannya. Hal ini membuat pada pelajar tidak mengetahui dan mengenal pelajar dari sekolah lain. Ada baiknya untuk melakukan belajar bersama antar sekolah, yang dekat dengan lokasi. Sehingga anak-anak bisa lebih mengenai anak sekolah lain dan tidak terjadi tawuran.

Membuat Ekstrakulikuler Bertema Tawuran

Ekstrakulikuler di sini bukan tawuran dengan senjata dan kekerasan, namun menggunakan cara lain seperti tawuran ilmu, olahraga, otak, dan sebagainya yang mendidik.

Cara mengatasi tawuran antar pelajar ini bisa menjadi cara termudah dan terbaik agar anak tetap fokus belajar dan tidak melakukan tindak kriminal.