Ragam  

Cara Menghindari Begal Mobil agar Aman selama Berkendara

Cara Menghindari Begal Mobil
bkrentcar.com

Indokriminal – Belakangan ini berita seputar begal marak ditayangkan di berbagai media.  Tentu saja hal ini membuat para pengguna jalan merasa resah dan was-was. Ada cara menghindari begal mobil sebagai upaya menjaga diri selama diperjalanan.

Cara Menghindari Begal Mobil
bkrentcar.com

7 Tips dan Cara Menghindari Begal Mobil

Beberapa aktivitas mengharuskan Anda keluar dari rumah. Bahkan tak jarang Anda harus pulang dari tempat kerja hingga larut malam. Berikut adalah tips aman saat berkendara di jalan agar terhindar menjadi target begal.

Pilih Rute yang Aman

Sebelum berkendara, pastikan Anda mengetahui rute jalan yang hendak dilalui. Apakah aman dari segala tindak kejahatan atau tidak.

Bawa Selalu Ponsel Anda

Saat melihat gerak-gerik orang yang mencurigakan selama di perjalanan, segera hubungi teman yang rumahnya tidak jauh dari lokasi Anda berkendara. Pastikan ponsel yang dibawa berisi kuota, pulsa, dan dalam keadaan full baterai.

Baca juga  Tindakan yang Masuk dalam Pelecehan, Kerap Tidak Diketahui

Hindari Hal yang Mencolok

Hal yang berlebihan sudah pasti mengundang perhatian banyak orang. Saat berkendara sebaiknya hindari memakai perhiasan berlebihan. Bila memungkinkan, simpanlah di dalam tas saja.

Pilih Waktu yang Tepat

Sebaiknya tunda dulu perjalanan pada jam-jam rawan biasa terjadi tindak kriminal. Bila memang harus pergi saat itu juga, pilihlah rute jalan yang aman. Bila memungkinkan, lakukan perjalanan secara rombongan.

Jangan Fokus dengan Objek di Depan

Kejahatan terjadi karena ada kesempatan. Alangkah baiknya selama berkendara perhatian tidak hanya fokus dengan objek di depan saja.

Sesekali juga perhatikan sekeliling. Apakah ada gerak gerik mencurigakan atau tidak, sehingga cara menghindari begal mobil bisa Anda lakukan.

Baca juga  Faktor Penyebab Klitih, Kasus Kriminal yang Marak di Jogjakarta

Jangan Mudah Percaya

Modus pelaku begal umumnya memberitahukan sesuatu hal yang membuat kita terpaksa berhenti saat itu juga. Misal saja ban kempes atau pintu tidak tertutup rapat.

Jangan mudah percaya. Untuk memastikannya lakukan pengecekan di tempat ramai seperti di pom bensin, bengkel, kantor pos, dan lain lain.

Pastikan Mobil dalam Keadaan Fit

Lakukan pengecekan onderdil kendaraan secara rutin, seperti aki, oli, tekanan ban, dan air radiator. Hal ini guna menghindari mobil macet di sembarang tempat.

Cara menghindari begal mobil paling aman adalah dengan tidak berkendara larut malam. Usahakan semua aktivitas selesai dilakukan sebelum hari gelap.