Ragam  

Cara Mengurangi Tindak Kejahatan di Lingkungan Sekitar

Cara Mengurangi Tindak Kejahatan Di Lingkungan Sekitar
pixabay.com

Tindak kejahatan di lingkungan sekitar memang bukan hal yang aneh lagi. Sebenarnya ada cara mengurangi tindak kejahatan di sekitar Anda berada. Kejahatan sendiri merupakan salah satu gejala sosial yang sering menakutkan dan mau tidak mau kita alami.

Kejahatan di lingkungan sekitar ini sekarang sudah sangat meresahkan dan sudah seharusnya bisa ditangani secepat mungkin. Karena kejahatan ini secara tidak langsung sangat mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat sekitar.

Cara Mengurangi Tindak Kejahatan Di Lingkungan Sekitar
pixabay.com

Cara Mengurangi Tindak Kejahatan di Lingkungan Sekitar

Meskipun upaya untuk menanggulangi kriminalitas ini terus pemerintah upayakan bersamaan dengan kerjasama dari masyarakat, namun nyatanya angka kejahatan masih terbilang tinggi. Meskipun begitu, upaya ini masih harus berjalan dengan berbagai program, sembari terus mencari solusi terbaik.

Baca juga  Jangan Lengah, Cara Menghindari Gendam Terapkan 5 Hal Ini!

Walaupun begitu kita tetap bisa melakukan tindakan yang tepat demi memberantasnya. Hal ini dapat dimulai dari lingkungan sekitar kita. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi tindak kejahatan di lingkungan sekitar kita.

Selalu Memantau Keadaan Sekitar

Untuk memantau keadaan sekitar Anda pastikan orang sekitar juga memahami dan memiliki pengetahuan untuk memerangi kejahatan. Salah satunya dengan cara melakukan edukasi penting kepada masyarakat untuk menanggulangi kejahatan.

Bekerjasama dengan Penegak Hukum

Bekerjasama dengan penegak hukum ini bisa menguranginya dengan menginformasikan kepada penegak hukum tentang situasi di sekitar Anda. Itulah sebabnya penting untuk menyimpan nomor telepon darurat sebagai penjagaan terhadap hal yang mungkin terjadi.

Baca juga  Ketahui Berbagai Faktor Penyebab Kriminalitas, Simak Ini!

Adakan Kegiatan Siskamling

Cara ini juga sering berguna untuk mengurangi tindak kejahatan yang ada dan dekat dengan kita. Kegiatan patroli malam ini juga bisa Anda agendakan dengan melakukan kerjasama dengan aparat setempat. Saat malam hari warga sekitar bisa bergantian untuk berpatroli mengelilingi komplek rumah warga dan melaporkan jika terdapat hal yang mencurigakan.

Gunakan Media Sosial

Ternyata media sosial juga dapat menjadi cara mengurangi tindak kejahatan yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Karena dari sini kita dapat mengetahui kejahatan yang terjadi di mana saja, sehingga kita dapat melakukan pencegahan agar hal tersebut tidak terjadi di sekitar kita.