Ragam  

Dampak Kekerasan Fisik pada Anak, Para Orangtua Wajib Tahu Ini!

Dampak Kekerasan Fisik pada Anak, Para Orangtua Wajib Tahu Ini!
unsplash.com

Dampak kekerasan fisik pada anak ini memang sangat membahayakan. Salah satunya akan ada bekas luka pada bagian tubuh tertentu. Selain itu, kekerasan seperti ini juga bisa membuat anak menjadi trauma untuk melakukan aktivitasnya.

Memang kekerasan sendiri bisa berupa kekerasan seksual, fisik, verbal, psikologis, eksploitasi, hingga penjualan dan penelantaran anak. Biasanya hal ini juga sering terjadi di rumah, sekolah, lingkungan masyarakat, dan lain sebagainya.

Dampak Kekerasan Fisik pada Anak, Para Orangtua Wajib Tahu Ini!
unsplash.com

Kenali Dampak Kekerasan Fisik pada Anak Perlu diperhatikan!

Segala bentuk kekerasan dan penganiayaan sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja, salah satunya terhadap kalangan anak-anak. Jika hal itu terjadi, maka akan ada banyak dampak buruk atau negatif yang sewaktu-waktu bisa timbul pada diri anak tersebut.

Baca juga  Kenali Kekerasan Verbal dan Dampak yang Ditimbulkan pada Korbannya

Padahal masa kanak-kanak ini seharusnya menjadi masa yang paling penting untuk tumbuh kembang sang anak. Mengapa? Sebab pada masa inilah, anak mulai terbentuknya karakter serta kepribadiannya.

Adanya kekerasan pada anak ini, maka menjadi suatu tindakan pelanggaran Hak Asasi Manusia yang sebenarnya tidak boleh dilakukan. Tanpa kita sadari, ternyata kekerasan seperti ini bisa menimbulkan dampak yang serius

Dampak Kekerasan

Salah satu dampak kekerasan fisik terhadap anak adalah terjadinya lebam, luka, memar pada bagian tubuh tertentu karena tindak penganiayaan. Tidak hanya itu saja, melainkan kekerasan yang sangat fatal sekali pun juga bisa membuat anak patah tulang, kesakitan hingga berujung kematian.

Luka fisik seperti ini juga menjadi dampak yang paling utama ketika sang anak mengalami kekerasan fisik dari orang lain. Biasanya kondisi seperti ini juga akan ditutupi dan apabila anak korban kekerasan itu tidak ingin memberitahukan kepada orang lain.

Baca juga  Tindakan yang Masuk dalam Pelecehan, Kerap Tidak Diketahui

Bahkan apabila anak sudah mengalami penganiayaan dan tidak langsung kita tangani, kemungkinan besar anak bisa mengalami cacat. Maka dari itu, apabila ada seorang anak yang mengalami penganiayaan oleh orang lain, sebaiknya tanyakan apa yang anak rasakan tersebut.

Sebagai orang tua juga amat penting untuk menjaga anak-anaknya dari tindakan penganiayaan seperti itu.

Selain hanya dampak kekerasan fisik yang timbul, penganiayaan seperti ini juga bisa berdampak pada psikologis sang anak pula. Sebaiknya hindari supaya masalah itu tidak terjadi dan jangan biarkan anak kecil bermain sendiri.