Ragam  

Dampak Kekerasan pada Anak yang Harus Diwaspadai

Dampak Kekerasan Pada Anak
unsplash.com

Banyak dampak kekerasan pada anak yang dapat terjadi dan sangat mempengaruhi anak bahkan sampai ia tumbuh dewasa. Adanya kekerasan pada anak adalah salah satu pelanggaran Hak Asasi Manusia. Ironisnya, banyak kekerasan anak yang dilakukan oleh orang tuanya sendiri dengan berbagai alasan.

Padahal seharusnya orang tua memberikan kasih sayang yang layak, bukan kekerasan mau entah dengan alasan apapun.

Dampak Kekerasan Pada Anak
unsplash.com

Apa Saja Dampak Kekerasan pada Anak?

Banyak kekerasan yang dapat terjadi pada anak seperti kekerasan fisik hingga psikologis. Sikap orangtua yang menelantarkan, mengeksploitasi, dan mengabaikan anak juga termasuk ke dalam kekerasan.

Masa kecilnya yang seharusnya menyenangkan malah dipenuhi dengan ketakutan dan rasa trauma. Hal ini dapat memberikan dampak buruk bagi anak bahkan hingga jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa dampaknya yang dapat terjadi:

Baca juga  Cara Mengatasi Kriminalitas yang Terjadi di Sekitar Kita

1. Anak Mengalami Depresi Berkepanjangan

Kekerasan yang diterima anak apa lagi dari orang tuanya sendiri membuat anak menjadi tidak percaya diri dan kesulitan mempercayai orang lain.

Ia pun menjadi lebih tertutup dan sulit mengekspresikan diri sendiri. Ia akan memilih untuk menyimpan semua hal yang ia rasakan sendiri tanpa membaginya dengan orang lain. Hal ini dapat membuat beban pikirannya bertambah sehingga dapat menimbulkan stress dan depresi yang berkepanjangan.

2. Penurunan Fungsi Otak dan Mengganggu Tumbuh Kembang Anak

Saat usia anak-anak perkembangan otaknya akan menjadi lebih cepat. Adanya kekerasan akan memberi dampak terhadap respon stress sehingga otak anak akan lebih reaktif dan kurang adaptif. Hal inilah yang mengakibatkan terganggunya perkembangan otak, penurunan fungsi otak, dan membuat tumbuh kembangnya menjadi terganggu.

Baca juga  Bentuk Kekerasan Rumah Tangga yang Penting untuk Diketahui

3. Memiliki Masalah Kesehatan Mental

Kekerasan yang sering terjadi pada anak dapat membuatnya trauma serta mengalami gangguan kecemasan serta depresi kronis.

Hal ini dapat mengganggu kesehatan mental anak. Dimana ia akan selalu terbayang-bayang dengan kekerasan yang dilakukan oleh orangtuanya. Akibatnya anak dapat mengalami insomnia, sulit merasa fokus, bahkan dapat melukai diri sendiri.

4. Emosi Tidak Stabil

Dampak kekerasan pada anak selanjutnya yaitu emosi anak menjadi tidak stabil. Anak akan lebih sensitif, mudah marah, menangis, sulit tidur, tidak percaya diri, bahkan yang terburuk dapat menimbulkan keinginan untuk bunuh diri.