Ragam  

Dampak Negatif Kriminalitas yang Perlu Anda Ketahui

Dampak Negatif Kriminalitas
pinterest.com

Kriminalitas adalah bentuk dari tindakan penyimpangan dari norma umum sampai dengan kemungkinan munculnya tindakan untuk bertindak semaunya sendiri demi kepentingan pribadi. Hal tersebut membuat semua orang merasa rugi. Selain itu juga ada dampak negatif kriminalitas yang timbul. Maka dari itu sebisa mungkin kita dan orang-orang lain mencoba untuk menghindar serta tidak membawa diri dalam tindakan kejahatan tersebut.

Dampak Negatif Kriminalitas
pinterest.com

Ini Dia Dampak Negatif Kriminalitas

Tindak kejahatan seperti kriminalitas merupakan tindakan yang terlarang banyak disebabkan oleh faktor ekonomi sehingga senantiasa ada kaitannya dengan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Tuntutan kebutuhan individu yang tidak mempunyai pekerjaan harus terpenuhi, apalagi sudah mempunyai tanggung jawab memberi nafkah.

Baca juga  Cara Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak yang Harus diterapkan

Tindakan seperti itu membuat semua orang merasa resah dan menarik semakin waspada. Apalagi dampak yang timbul dari kriminalitas ini sangat berat dan terkadang sampai membuat trauma bagi orang yang sudah pernah mengalami tindakan tersebut. Nah, berikut ini beberapa tindakan negatif dari kriminalitas maupun kejahatan antara lain.

Keresahan Masyarakat

Masyarakat yang pada awalnya merasa tenang dan aman menjadi mempunyai beban tersendiri. Karena adanya tindakan kriminalitas tersebut maka masyarakat merasakan takut dan was-was jika sewaktu-waktu tindakan tersebut terjadi pada lingkungannya. Hal yang masyarakat khawatirkan adalah keselamatan diri serta adanya kemungkinan kerugian yang harus ditanggung.

Trauma

Seseorang akan merasa trauma saat terdapat tindakan kejahatan yang dilakukan dengan cara yang terlihat. Biasanya pelaku kriminal akan menggunakan semacam senjata tajam yang mereka todongkan  kepada korban. Tekanan yang pelaku berikan pada korban bisa menjadi suatu trauma yang terkadang sulit untuk sembuh.

Baca juga  Tindakan Pembunuhan Berencana Itu Apa? Kenali Lebih Jauh!

Kerugian Bisa Berupa Material

Saat terjadi tindakan kriminalitas yang berkaitan dengan pencurian maupun perampokan maka pastinya terdapat kerugian material. Kerugian tersebut memberikan dampak yang lumayan besar. Bahkan kasus seperti perampokan di toko besar contohnya toko emas maka bisa merasakan kerugian yang cukup signifikan dan sungguh terasa.

Merasa Tidak Aman

Perasaan tidak aman ini bisa terasa oleh masyarakat yang menjadi sasaran maupun objek kriminalitas kejahatan. Pelaku mulai merasa tidak aman menjadi buronan polisi. Masyarakat juga merasa kurang aman ketika sudah ada banyak kejadian kriminal yang ada di lingkungannya.

Dampak negatif kriminalitas bisa Anda simak. Sebaiknya berhati-hati dan selalu waspada dimanapun Anda berada. Jangan memancing tindakan kejahatan itu datang pada Anda, misalnya seperti menggunakan perhiasan yang banyak di tempat umum dan lainnya.

Baca juga  Penyebab Kenakalan Remaja yang Berujung Kriminalitas