Ragam  

Faktor Penyebab Klitih, Kasus Kriminal yang Marak di Jogjakarta

Faktor Penyebab Klitih
pexels.com

Saat ini banyak terjadi kasus kriminal yang sudah memakan banyak korban, salah satunya klitih. Klitih merupakan kasus kriminal atau lebih mengarah pada kenakalan remaja. Sebab, sebagian besar pelakunya adalah anak-anak dan remaja di bawah umur. Sebenarnya ada banyak faktor penyebab klitih yang marak terjadi saat ini.

Klitih memang banyak terjadi di Kota Yogyakarta. Hampir setiap minggu ada kejadian klitih yang memakan korban di wilayah Jogjakarta. Pelakunya sebagian besar juga anak-anak di bawah umur. Kenakalan seperti ini harus bisa dicegah sejak dini.

Faktor Penyebab Klitih
pexels.com

Berbagai Macam Faktor Penyebab Klitih

Dari hasil penelitian diambil dari kasus-kasus yang sudah terjadi, tindakan klitih ini disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya sebagai berikut;

Baca juga  Tips Mencegah Kriminalitas yang Terjadi, Agar Anda Tetap Aman

1. Sakit Hati dan Dendam

Salah satu faktor penyebab klitih yaitu dendam atau sakit hati. Sebab, biasanya orang yang memiliki dendam akan cenderung untuk melakukan tindakan pelampiasan. Sehingga pelaku akan mencoba mencari kesempatan untuk melakukan pembalasan dengan cara klitih ini.

2. Belum Mampu Mengontrol Diri

Seseorang yang masih dalam usia remaja, dalam hal psikologisnya memang di usia ini mereka masih memiliki kontrol diri yang lemah.

Remaja yang belum bisa menemukan jati dirinya ataupun perannya biasanya akan mudah terseret untuk melakukan perilaku nakal dengan bentuk kejahatan yang merugikan orang lain.

3. Lingkungan Bermain

Lingkungan bermain atau lingkungan sekolahannya yang menjadi tempat berkumpulnya teman sebaya adalah salah satu tempat yang vital untuk remaja dalam mengekspresikan peran dalam kehidupannya.

Baca juga  Faktor Penyebab Tawuran Antar Pelajar yang Kerap Terjadi, Simak Ini!

Nah, baik dan buruk suatu perilaku remaja memang bisa dipengaruhi oleh lingkungannya. Jika lingkungan bermainnya banyak terdapat hal-hal yang negatif, maka remaja yang masih labil biasanya akan terpengaruh untuk melakukan perbuatan yang negatif.

4. Lingkungan Keluarga

Lingkungan keluarga juga memiliki pengaruh yang besar untuk kepribadian seorang remaja. Orang tua harus bisa mengontrol anak dan mendampingi perkembangannya.

Sebab, kurangnya pengawasan dari orang tua bisa menjadikan anak menjadi bebas dan melakukan tindakan kriminal, diantaranya seperti tindakan klitih.

5. Salah Pergaulan

Faktor penyebab klitih paling banyak terjadi karena salah dalam bergaul. Jika bergaulnya dengan orang-orang yang nakal, maka tidak menutup kemungkinan anak remaja akan ikut-ikutan. Terkadang mereka dalam pengaruh minuman keras saat melakukan aksi klitihnya.

Baca juga  Cara Mengurangi Tindak Kejahatan di Lingkungan Sekitar