Ragam  

Yuk, Ketahui Apa Saja Faktor Penyebab Kriminalitas dalam Sosiologi!

Faktor Penyebab Kriminalitas Dalam Sosiologi
pixabay.com/

Berbicara mengenai kriminal memang tidak ada habisnya, bukan? Faktor penyebab kriminalitas dalam sosiologi sangatlah banyak. Kriminal sendiri merupakan tindakan yang melanggar dari fungsi sosiologi hukum. Banyak sekali penyebab adanya tindakan kriminal di masyarakat, salah satunya dan paling kerap terjadi adalah dari anak remaja.

Jumlah penduduk yang semakin banyak dan pendapatan perkapita rendah akan membuat penduduk negara berkembang menjadi wadah yang sangat mendukung lahirnya tindakan kriminalitas dan kejahatan. Bagi para pelaku kriminalitas disebut dengan seorang kriminal.

Biasanya dianggap kriminal adalah seorang pencuri, pembunuhan, perampok, atau teroris. Untuk mencegah adanya tindakan kriminalitas ini sangatlah perlu diterapkan agar nanti tidak menjadi korban dari seorang kriminal.

Baca juga  Jangan Lengah, Cara Menghindari Gendam Terapkan 5 Hal Ini!

Sekarang ini semakin majunya zaman dan berkembangnya teknologi canggih juga menjadi salah satu perantara sekaligus peluang maraknya tindak kriminal. Lantas apa saja faktor penyebab dari tindakan kejahatan atau kriminal ini? Langsung saja simak dan baca artikel kali ini!

Faktor Penyebab Kriminalitas Dalam Sosiologi
pixabay.com/

Ketahui Faktor Penyebab Kriminalitas dalam Sosiologi, Apa Saja?

Kriminalitas atau tindak kejahatan tentu akan membuat resah semua orang. Untuk faktor penyebab kriminalitas dalam sosiologi ini sangat banyak sekali. Kriminalitas tentu harus terberantas akan tetapi hal ini tidaklah mudah.

Mengingat mereka adalah orang yang melakukan hal jahat dan tidak bermoral. Kriminalitas akan ada dan terjadi karena adanya dukungan oleh faktor penyebab terjadinya tindakan kriminal. Nah, berikut beberapa faktor penyebab kriminal.

  • Adanya ketertolakbelakangan budaya dan saling bertentangan.
  • Adanya keberlawanan ideologi politik.
  • Faktor padat dan komposisi penduduk.
  • Ketidaksamaan distribusi kebudayaan.
  • Perbedaan kekayaan dan pendapatan.
  • Mentalitas yang labil.
  • Kemajuan teknologi menjadikan informasi mudah menyebar dan bagi oknum yang sudah mempunyai kriminal maka informasi tindak kejahatan orang lain dapat menjadi inovasi bagi dirinya untuk melakukan tindak kejahatan.
  • Tingkat pendidikan rendah akan membuat pelaku tindak kriminal tidak berpikir dua kali ketika melakukan kejahatan.
Baca juga  Cara Menghindari Pergaulan Bebas untuk Remaja yang Benar dan Efektif

Jadi itu, tadi beberapa faktor penyebab kriminalitas dalam sosiologi. Faktor-faktor tersebut bisa jadi pengetahuan Anda agar terhindar dari kejahatan baik fisik atau mental dari seorang tindak kriminal. Jagalah diri sendiri kapanpun Anda berada baik tempat umum atau bahkan lingkungan keluarga.