Ragam  

Ketahui Berbagai Faktor Penyebab Kriminalitas, Simak Ini!

Ketahui Berbagai Faktor Penyebab Kriminalitas, Simak Ini!
pixabay.com

Faktor penyebab kriminalitas sebenarnya cukup beragam. Saat ini banyak hal yang menimbulkan keresahan dan kekhawatiran di masyarakat. Terlebih tingkat kriminalitas yang semakin meningkat. Hal itu terbukti dengan maraknya video kriminal dan kejahatan yang beredar.

Kriminalitas merupakan suatu tindakan buruk yang dilakukan oleh individu atau sekelompok individu. Tujuannya hanya untuk mencari keuntungan, namun tanpa memperhatikan akibat yang diperoleh dari tindakan tersebut.

Ketahui Berbagai Faktor Penyebab Kriminalitas, Simak Ini!
pixabay.com

Ketahui Berbagai Faktor Penyebab Kriminalitas

Terbentuknya tindakan kriminalitas saat ini diakibatkan oleh beberapa faktor. Berikut ini beberapa faktor meningkatnya tindak kriminalitas.

Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial memang menjadi penyebab utama meningkatnya tindak kriminalitas. Hal itu karena tidak dapat dipungkiri dengan perbedaan tingkatan sosial masyarakat. Sehingga akan mengakibatkan perbedaan pandang dan perlakuan.

Baca juga  Yuk, Ketahui Apa Saja Faktor Penyebab Kriminalitas dalam Sosiologi!

Seperti halnya bagi yang memiliki uang dan jabatan, nantinya cenderung lebih mudah memperoleh kekuasaan. Sebaliknya untuk masyarakat ekonomi lemah seringkali mengalami kesulitan. Bahkan hanya untuk memperoleh perlakuan adil saat berada di depan hukum.

Pengangguran Meningkat

Jumlah pengangguran yang semakin banyak juga sebagai salah satu penyebab peningkatan tindak kriminalitas. Tidak dapat dipungkiri, apabila seseorang menganggur tentu tetap memerlukan dana untuk memenuhi kehidupannya.

Namun, ia tidak memiliki penghasilan untuk memenuhi hal tersebut. Sehingga tidak ada pilihan lain dengan melakukan tindak kejahatan. Cara ini dianggap menjadi cara yang paling mudah untuk memperoleh uang.

Meningkatnya Tingkat Kepadatan Penduduk

Jumlah penduduk yang semakin meningkat, tentunya akan berpengaruh pada persaingan yang semakin meningkat. Orang yang lebih memiliki peluang sukses yaitu orang kreatif dan inovatif. Sehingga nantinya dapat memanfaatkan berbagai peluang yang ada.

Baca juga  Tips Mencegah Kriminal di Masa Pandemi Penting, Berikut Ini Ulasannya

Hal ini kemungkinan akan menutup peluang untuk yang lain. Terutama yang tidak memiliki keahlian dan pendidikan tinggi. Pada akhirnya kondisi yang seperti ini akan berdampak dengan meningkatnya tindak kriminalitas.

Faktor Ekonomi

Perkara ekonomi sering kali menjadi akar dari timbulnya tindak kriminal. Masyarakat ekonomi lemah yang sering kali melakukan tindak kejahatan. Mulai dari tindak pencurian, penjambretan, pencopetan hingga perampokan. Tentunya motif yang terjadi karena adanya masalah ekonomi. Terlebih dengan meningkatnya kebutuhan ekonomi yang semakin tinggi.

Berbagai faktor penyebab tersebut menjadikan terbentuknya tindak kriminalitas. Mulai dari faktor kesenjangan sosial hingga masalah ekonomi. Hal tersebut tentu menimbulkan keresahan dan kekhawatiran di masyarakat.