Ragam  

Faktor Penyebab Tawuran Antar Pelajar yang Kerap Terjadi, Simak Ini!

Faktor Penyebab Tawuran Antar Pelajar yang Kerap Terjadi, Simak Ini!
unsplash.com

Tawuran merupakan perkelahian yang terjadi antara satu kelompok dengan kelompok lain dengan melakukan perbuatan yang sangat tercela. Untuk saat ini sudah ada banyak sekali faktor penyebab tawuran antar pelajar yang kerap terjadi di masyarakat, khususnya perkotaan.

Bahkan kini banyak golongan remaja yang sering membawa senjata tajam sampai-sampai melukai korban sampai tewas. Kondisi seperti ini tentu bisa berujung ke jalur hukum apabila tidak ditangani dengan cepat. Lantas apa saja penyebabnya?

Faktor Penyebab Tawuran Antar Pelajar yang Kerap Terjadi, Simak Ini!
unsplash.com

Inilah Sejumlah Faktor Penyebab Tawuran yang Marak Terjadi

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa tawuran antar pelajar memang seringkali kita temukan di sejumlah daerah dan kota-kota besar. Tentunya hal seperti ini membuat berbagai macam dampak serius, salah satunya terdapat korban antara pelaku tawuran itu.

Baca juga  Penyebab Kenakalan Remaja yang Berujung Kriminalitas

Sementara itu tawuran antar pelajar yang terjadi di daerah tertentu merupakan tradisi turun temurun. Namun masalah seperti ini juga lebih dikaitkan dengan tindakan negatif dan bahkan sebagai bentuk pelanggaran hukum.

Maraknya tawuran seperti ini dari tahun ke tahun sudah pasti akan selalu membawa korban, dari yang luka biasa hingga yang parah sampai tewas. Ada banyak sekali penyebab mengapa seringkali terjadi tawuran. Apa saja itu?

Penyebab Terjadinya Tawuran Antar Pelajar

Salah satu faktor penyebab tawuran adalah karena para remaja yang belum memiliki kontrol diri kuat sehingga masih tergolong lemah. Nah kontrol diri ini lebih merujuk pada ketidakstabilan emosi yang meliputi mudah frustasi hingga marah-marah.

Baca juga  Cara Menghindari Pergaulan Bebas untuk Remaja yang Benar dan Efektif

Tidak hanya itu saja, melainkan tidak mampu untuk menyesuaikan diri juga menjadi penyebab terjadinya tawuran. Para pelajar yang melakukan tawuran biasanya tidak bisa melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitarnya.

Parahnya lagi, adanya permusuhan menahun antara dua kelompok berbeda juga bisa menyebabkan terjadinya tawuran itu. Nah, karena keduanya sudah saling bermusuhan, maka tidak heran jika perkelahian langsung terjadi secara massal alias tawuran.

Penyebab selanjutnya adalah karena kecerdasan emosi pada pelajar tersebut. Jadi kecerdasan emosi seseorang ini dapat dipengaruhi apa saja, baik itu dari lingkungan sekolah, lingkungan rumah hingga pergaulan di luar sekolah.

Sejumlah faktor penyebab tawuran seperti ini sebaiknya kita hindari sejak mulai dari sekarang. Karena tindakan kekerasan seperti itu tidak baik karena bisa berujung hukum.

Baca juga  Penjual Busur Panah Untuk Tawuran Pelajar Diringkus Polisi