Headphone Ini Dilengkapi Pemurnian Udara, Simak Cara Kerjanya

Dyson memproduksi headphone baru, Zone, dengan peredam bising dan teknologi pemurnian udara bawaan dalam desain pelindung wajah magnetik. Ini adalah produk paling unik dan ambisius yang pernah dibuat Dyson.

Pengumuman pada Rabu, 30 Maret 2022, hanyalah ‘teaser‘ untuk headphone Zone sebelum jadwal rilis saat musim gugur nanti. Itu sebabnya Dyson tidak mengumumkan detail spesifik termasuk harga atau bobot headphone dan kapasitas baterai. Yang disebutkan hanya tujuan Zone yang ingin membuat kehidupan di ruang perkotaan lebih nyaman dengan mengurangi polusi udara dan suara.

Zone menjadi miniatur dari teknologi penyaringan udara milik Dyson yang sudah ada. Sistem air purifier-nya menarik udara melalui setiap earpiece menggunakan sepasang kompresor kecil. Udara kemudian disaring dari sebagian besar kandungan polutan dan partikel sebelum disalurkan melalui visor untuk dihirup penggunanya.

Baca juga  Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022 Hadir Semakin Powerful

Berbeda dari masker pada umumnya, visor didesain Dyson tak sampai menyentuh pengguna. Tapi ada celah untuk ruang udara di antara keduanya. Di celah itu diharapkan udara bersih hasil pemurnian dikumpulkan untuk dihirup pengguna. Atau, celah itu bisa bermanfaat saat pengguna tetap harus mengenakan masker.

Visor terkunci melalui serangkaian magnet, memungkinkannya untuk dilepas jika pengguna ingin menggunakan Zone hanya sebagai headphone. Perangkat ini juga memiliki engsel sehingga pengguna dapat berbicara dengan orang lain secara normal tanpa harus melepas headphone secara keseluruhan.

Sistem filtrasi Zone juga menawarkan beberapa pengaturan untuk berbagai tingkat pengerahan tenaga. Misalnya, jika pengguna berlari menaiki tangga atau mencoba mengejar bus. Atau pengguna akan bernapas lebih berat dan membutuhkan lebih banyak udara daripada jika sedang berjalan-jalan santai. Bahkan ada pengaturan yang menggunakan akselerometer untuk menyesuaikan aliran udara secara otomatis.

Baca juga  Bocoran Samsung Galaxy Tab A7 (2022), Segini Harganya

Dyson mengatakan Zone dapat menyaring hingga 99 persen polusi partikel — meskipun filter tidak dapat digunakan kembali dan perlu diganti setelah sekitar satu tahun. Perusahaan mengatakan durasi penggunaan yang lebih spesifik akan tergantung kepada seberapa banyak polusi udara yang akan ditemui dan seberapa aktif pengguna menggunakan headphone.

Bagian headphone sedikit lebih tradisional, meskipun merupakan kategori produk baru untuk Dyson. Pembatalan kebisingan disediakan melalui campuran pembatalan pasif dari keseluruhan desain dan pembatalan bising aktif melalui serangkaian mikrofon.

Ada tiga mode berbeda untuk pembatalan bising di Zone. Mode isolasi memiliki ANC (Active Noise Cancellation) aktif saat visor dinaikkan. Menurunkan visor secara otomatis beralih ke mode percakapan, yang menonaktifkan ANC sehingga pengguna dapat mendengar orang yang diajak bicara. Ada juga mode transparansi, yang menyaring suara penting seperti klakson mobil dan sirene.

Baca juga  Review Kamera Samsung Galaxy A33 5G Dalam Ruangan, Setelan Manual

Pengisian daya dilakukan melalui USB-C, dan headphone terhubung ke aplikasi Dyson Link, yang dapat memberikan informasi lebih detail tentang kualitas udara di sekitar Anda.

Dikutip dari The Verge, yang telah mencoba prototipe Zone, pengguna bisa merasakan semburan udara yang dipompa di depan wajahnya atau hidungnya. ANC juga bekerja dengan baik tetapi uji di kamar hotel yang tenang bukanlah skenario terbaik, dan kualitas audio untuk musiknya bagus tanpa bass yang terlalu dramatis.

Dyson telah melakukan pekerjaan yang mengagumkan dengan menjejalkan semua teknologi ini ke dalam sepasang headphone, tetapi mereka masih relatif lebih besar dan berat dibanding sepasang headphone Sony WH-1000XM4. Selain itu, deru kompresor masih sedikit terdengar saat motor berjalan dengan kecepatan lebih tinggi dan tidak teredam meskipun ada peredam bising.

THE VERGE