News  

Heboh Uang Nasabah Raib Lagi Rp135 Juta, Ini Tanggapan BCA

INDOKRIMINAL – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) buka suara soal kabar viral di media sosial tentang tabungan salah seorang nasabah yang hilang mendadak dengan nominal Rp135 juta.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn memastikan, pihaknya telah menyelesaikan permasalahan tersebut dengan pihak nasabah.

“Sehubungan dengan adanya keluhan salah satu nasabah di media sosial terkait dugaan kehilangan sejumlah dana via penarikan ATM, dapat kami sampaikan bahwa BCA telah menyelesaikan permasalahan tersebut dengan nasabah,” kata Hera, Senin, 28 Maret 2022.

Nasabah Diminta Ganti Pin ATM Berkala

Hera juga mengimbau kepada para nasabah, untuk dapat mengganti PIN kartu ATM secara berkala. “Penggantian PIN bisa dalam seminggu sekali, tiga hari sekali, ataupun setiap hari,” ujarnya.

Baca juga  Keluarga Brigadir J Laporkan Dugaan Pembunuhan Berencana

Hera berpendapat bahwa hal itu akan mencegah kejahatan skimming, meskipun kode PIN ATM sudah pernah terekam oleh pelaku skimming. Dia menambahkan, BCA sebagai lembaga perbankan nasional senantiasa menjalankan operasional perbankan sesuai dengan ketentuan regulator dan otoritas perbankan.

“BCA berupaya untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah tercinta dan hadir senantiasa di sisi anda,” ujarnya.

Dia mengingatkan, sudah ada berbagai informasi mengenai cara mengamankan transaksi lewat ATM dari Skimming yang bisa diakses oleh nasabah BCA.

Kronologi Hilangnya Tabungan Rp135 Juta

Sebelumnya media sosial Twitter dan Instagram kembali dihebohkan dengan berita uang nasabah BCA yang hilang mendadak hingga Rp135 juta. Pengguna akun Twitter @heb*st* mengeluhkan hal tersebut. Dia mengatakan bahwa terjadi transaksi penarikan dan transfer uang dari rekeningnya ke rekening lain yang dilakukan di kota lain. Padahal, kartu debit yang dimiliki berada di tangannya.

Baca juga  Panglima TNI : Kopda M Dalang Penembakan Istri di Semarang

Tabungan gue diambil Rp135 juta di jam 1 pagi, 27 Maret 2022 via penarikan ATM. Padahal ini (kartu) ATM di gue, gue pegang. Gue domisili di Bandung, tapi penarikan ini dilacak di Surabaya kata CS BCA,” cuit akun tersebut.

Selanjutnya ada transaksi tanpa sepengetahuan gue senilai 100 juta+25 juta ke sesama BCA dan ke Maybank. Tertera juga nama penerimanya,” ujarnya.