Ragam  

Jenis Kekerasan Terhadap Perempuan yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

Jenis Kekerasan Terhadap Perempuan yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja
blogs.worldbank.org

Jenis kekerasan terhadap perempuan cukup beragam. Dari berbagai jenis kekerasan tersebut bisa memiliki dampak bagi para korbannya. Baik dari kesehatan fisik atau psikis.

Dalam hal ini, perempuan Indonesia hingga saat masih sangat rentan sebagai korban kekerasan. Hal seperti ini terekam Catatan Tahunan 2017 oleh Komnas Perempuan. Pada dokumentasi kasus kekerasan terhadap perempuan yang terjadi selama tahun 2016 tersebut, terdapat sejumlah 259.150 kasus kekerasan yang terjadi terhadap perempuan.

Jenis Kekerasan Terhadap Perempuan yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja
blogs.worldbank.org

Jenis Kekerasan Terhadap Perempuan yang Perlu Dihindari

Berikut ini berbagai jenis kekerasan yang dapat menimpa para kaum perempuan antara lain:

Kekerasan Emosional

Kekerasan emosional pada umumnya bersifat sembunyi karena ia mengakibatkan luka fisik. Akan tetapi, bentuk kekerasan ini sebenarnya dapat terjadi melalui perilaku pasangan yang senang mengeluarkan kata-kata kasar.

Baca juga  Yuk, Ketahui Apa Saja Faktor Penyebab Kriminalitas dalam Sosiologi!

Selain itu, kata-kata dapat berupa ancaman, kritikan, manipulasi, intimidasi yang terlalu berlebihan serta tidak pantas untuk dilontarkan. Berdasarkan ungkapan seorang psikologi, seorang perempuan yang mendapatkan kekerasan emosional, pada umumnya akan kehilangan rasa kepercayaan diri.

Kemudian, perempuan tersebut akan cenderung membenci dirinya karena merasa bahwa dirinya sudah tidak berharga. Sehingga perempuan tersebut pun akan kehilangan motivasi hidup.

Saat perempuan mengalami hal ini, pertolongan pertama harus segera diberikan. Hal ini bertujuan agar tidak berakhir pada kejadian fatal, salah satunya adalah bunuh diri.

Kekerasan Fisik

Jenis kekerasan pada perempuan selanjutnya adalah mengenai kekerasan fisik. Kekerasan ini meliputi berbagai bentuk kekerasan yang menyakiti fisik. Mulai dari tendangan, jambakan, pukulan, dorongan, cekikan, bekapan, dan lain sebagainya.

Baca juga  Cara Mengatasi Kriminalitas yang Terjadi di Sekitar Kita

Kekerasan Seksual

Ini merupakan bentuk penyerangan atau kekerasan yang bersifat seksual. Baik telah terjadi adanya persetubuhan atau tidak, atau ada atau tidaknya hubungan antara korban serta pelaku kekerasan.

Kekerasan Finansial

Kekerasan jenis ini ada terjadi dalam bentuk manipulasi ataupun mengendalikan pasangan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan finansial.

Sebagai contoh paling sederhana yakni mencuri harta milik pasangan secara sembunyi-sembunyi. Bisa juga memaksa pasangan untuk bekerja mencari nafkah.

Berbagai jenis kekerasan terhadap perempuan ini dapat terjadi kapan saja. Jika Anda, kerabat, saudara, teman pernah mengalami tindakan ini, maka jangan takut untuk berbicara agar penanganan dapat segera dilakukan.