Ragam  

Jenis Kekerasan yang Mengandung Pidana Berat Karena Membahayakan

Jenis Kekerasan yang Mengandung Pidana Berat Karena Membahayakan
unsplash.com

Sebenarnya ada beberapa jenis kekerasan yang mengandung pidana berat, sebenarnya kekerasan ini bukan hanya soal fisik saja. Namun kekerasan juga termasuk perilaku yang membuat seseorang menderita berat, kekerasan fisik maupun non fisik ini bisa saja terjadi dimana saja.

Jenis Kekerasan yang Mengandung Pidana Berat Karena Membahayakan
unsplash.com

Inilah Jenis Kekerasan yang Mengandung Pidana Berat

Terkadang tindak kekerasan jarang sekali terlihat oleh banyak orang. Bahkan terkadang orang tidak peduli dengan tindak kekerasan yang terjadi di sekitarnya. Hal ini tentunya harus mendapatkan perhatian khusus terutama dari lingkungan sekitar.

Kekerasan ini tentunya sangat merugikan orang itu sendiri, akibat perbuatannya biasanya si korban akan mengalami trauma dan masalah psikis. Sebenarnya tindak kekerasan ini sudah diatur dalam Undang-Undang, namun terkadang orang masih menyepelekan padahal dengan melapor pelaku bisa dipidana berat.

Baca juga  Penganiayaan Anak di Bawah Umur dan Pasal yang Menjeratnya

Kekerasan Terbuka

Kekerasan jenis ini mungkin saja seringkali seseorang alami dalam sebuah lingkungan. Hanya namun mungkin Anda tidak menyadarinya. Kekerasan terbuka ini meliputi perkelahian, pemukulan, menendang, mendorong hingga menjambak, kekerasan ini tentunya bisa melukai dan membahayakan orang lain. Padahal, jika berlanjut ke jalur hukum. Maka pidana yang akan pelaku dapatkan tentu tidak main-main.

Kekerasan Tertutup

Jenis ini juga bisa juga kita kenal dengan kekerasan emosional atau psikis. Biasanya kekerasan ini bersifat tersembunyi. Kekerasan ini memiliki peraturan hukum yang jelas, sehingga para pelakunya mampu mendapatkan pidana cukup berat. Misalnya seperti ancaman, hinaan, teror yang bisa mengganggu jiwa orang lain dan membuat orang lain berniat buruk pada diri mereka sendiri.

Baca juga  3 Cara Mengatasi Kriminal Untuk Anak Remaja dengan Bijak

Kekerasan Seksual

Jenis kekerasan ini juga dapat membuat pelaku mendapatkan pidana hukuman yang berat. Karena termasuk melecehkan dan menghina korban. Biasanya kekerasan jenis ini bisa berbentuk ucapan atau fisik seperti menyentuh atau mengejek dengan gerakan tubuh atau ekspresi wajah.

Kekerasan Finansial

Jenis kekerasan berikutnya ini biasanya merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengendalikan korban secara finansial. Mungkin kekerasan ini sering terjadi di sekitar Anda. Namun Anda kurang menyadarinya, seperti memaksa korban bekerja.

Jenis kekerasan yang mengandung pidana berat ini juga bisa Anda temukan seperti menelantarkan seseorang hingga mengambil harta seseorang. Karena kekerasan ini memang bertujuan untuk mengendalikan, manipulasi dan eksploitasi terhadap korban.

Baca juga  Cara Mengurangi Tindak Kejahatan di Lingkungan Sekitar