News  

Pemerintah Jepang Eksekusi Mati Pelaku Pembunuhan Massal

Indokriminal – Pemerintah Jepang melakukan eksekusi mati pelaku pembunuhan massal tahun 2008. Eksekusi ini dilaporkan stasiun televisi NHK pada 26 Juli dengan mengutip sumber pemerintah.

Kato Tomihiro mengarahkan truk ke distrik perbelanjaan sibuk di Tokyo. Kemudian ia mengamuk dengan menikam banyak orang, menewaskan tujuh orang dan melukai 10 lainnya.

Peristiwa yang dikenal pembantaian Akihabara itu terjadi pada 8 Jun. 2008. Usai melancarkan aksinya Kato ditahan di pos polisi Manseibashi dan dua hari kemudian ia dikirim ke Kantor Kejaksaan Umum Distrik Tokyo. Ia didakwa atas pasal pembunuhan 12 hari usai kejadian.

Pada 2011 Pengadilan Distrik Tokyo menjatuhi hukuman mati padanya. Ia sempat mengajukan banding pada 2015. Kato akhirnya dieksekusi.

Baca juga  Dua Tukang Parkir Ini Brutal, Hajar Mahasiswa Tanpa Ampun

Kato mengarahkan truk sewaan Isuzu Elf ke kerumunan di persimpangan Myojin-dori dan Chuo-dori di Akihabara. Ia menabrak lima orang dengan truk itu setelah menerobos lampu merah. Ketika sejumlah orang melihat para korban Kato turun dari truknya.

Kemudian ia menusuk 12 orang dengan belati kemudian berteriak. Polisi mengejar Kato dan menyudutkannya di gang sempit. Saat polisi menodongkan pistol ke arahnya Kato menjatuhkan pisaunya dan ia dibawa ke pos polisi yang berada sekitar 170 meter dari truknya. ***