Ragam  

Penganiayaan Anak di Bawah Umur dan Pasal yang Menjeratnya

Penganiayaan Anak dibawah Umur dan Pasal yang Menjeratnya
pexels,com

Penganiayaan anak di bawah umur menjadi salah satu kasus yang makin tinggi di Tanah Air. Banyak yang masih awam mengenai bagaimana tindakan dan pasal yang akan dikenakan pada pelakunya.

Maka dari itu, kurangnya edukasi seperti ini menjadi salah satu alasan utama kenapa orang masih terus melakukannya. Jadi akan lebih baik jika kita pahami dan menjadikanya bekal ketika menemuinya dalam kejadian nyata di sekitar kita.

Ketika mengetahui situasi seperti ini akan lebih baik kita memiliki bekal yang bisa dijadikan acuan. Sehingga nantinya akan mendapatkan tindakan tepat yang tidak saling merugikan tapi menolong.

Penganiayaan Anak dibawah Umur dan Pasal yang Menjeratnya
pexels,com

Penganiayaan Anak di Bawah Umur, Kenali Kejahatan Ini

Ketika melihat kejadian yang satu ini kita harus ketahui bahwa merupakan kriminalitas. Setiap ada tindakan adanya kekerasan secara sengaja yang bisa menimbulkan adanya rasa sakit pada anak.

Baca juga  Faktor Penyebab Klitih, Kasus Kriminal yang Marak di Jogjakarta

Semua umur yang masih dalam jangka anak secara hukum. Maka dari itu, perlakuan ini masuk dalam kasus tindak kriminalitas tentu saja. Anda perlu mengetahuinya untuk bisa antisipasi kejahatan atau bahkan ketika ada orang lain yang ikut merasakannya.

Setiap anak akan mendapatkan perlindungan khusus dari hal seperti ini tentu saja. Akan lebih baik jika kita mengetahuinya lebih jauh lagi untuk memastikannya.

Pasal yang Menjerat Tindakan Kekerasan Ini

Sebagai negara hukum, Indonesia memiliki beberapa Undang-Undang yang mengaturnya. Mulai dari pasal 76C UU 35/2014 yang berbunyi : Setiap orang tidak diperbolehkan melakukan, menyuruh melakukan, menempatkan, membiarkan, atau turut serta melakukan kekerasan terhadap anak.

Ketika seseorang terjerat hal ini pelakunya akan mendapatkan ancaman pidana paling tidak 6 bulan atau bahkan sampai 3 tahun. Sedangkan dendanya mencapai 72 juta rupiah untuk tindakan tersebut.

Baca juga  Dampak Kekerasan pada Anak yang Harus Diwaspadai

Pasalnya anak masih masih di bawah umur dan mendapatkan perlindungan khusus dari negara. Oleh karena itu, Anda jangan sampai takut untuk ambil tindakan ketika ada orang yang melakukan kejahatan ini. Bukan menghakimi sendiri, melainkan melapor pada pihak yang berwenang.

Penganiayaan Anak di bawah umur seperti ini jelas memiliki hukum yang memayunginya secara jelas. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahuinya untuk menjaga keamanan anak-anak dari tindakan kekerasan orang dewasa sekitarnya.