Ragam  

Penyebab Kenakalan Remaja yang Berujung Kriminalitas

Penyebab Kenakalan Remaja
Penyebab Kenakalan Remaja : baysingerlaw.com

Penyebab kenakalan remaja pada awalnya karena beberapa faktor internal maupun eksternal. Untuk itu perlu kita semua pahami bahwa faktor tersebut perlu adanya penanganan dan pencegahan yang tepat.

Penyebab Kenakalan Remaja
Penyebab Kenakalan Remaja : baysingerlaw.com

Inilah Faktor Penyebab Kenakalan Remaja Hingga Pemicu Kriminalitas

Pahami faktor internal dan eksternal berikut ini.

Internal

Pada dasarnya dari faktor internal lebih kepada krisis identitas. Hal ini dapat kita lihat dari perubahan biologis dan sosiologis diri remaja sehingga membentuk dua integrasi.

Pertama adalah terbentuknya perasaan konsistensi dalam kehidupan. Sedangkan kedua adalah tercapainya identitas peran. Karena remaja gagal mencapai integrasi kedua.

Selain itu adalah kontrol diri yang cukup lemah. Intinya remaja tidak dapat mempelajari serta membedakan tingkah laku yang diterima yang tidak dapat diterima selanjutnya terseret pada perilaku nakal. Meskipun mereka tahu namun tidak dapat mengembangkan penguasaan atau kontrol diri sehingga berperilaku sesuai pengetahuannya.

Baca juga  Faktor Penyebab Klitih, Kasus Kriminal yang Marak di Jogjakarta

Eksternal

Dari sisi eksternal, remaja terpengaruh pada komunitas atau lingkungan tinggal yang relatif kurang baik. Hal inilah yang mengakibatkan remaja melakukan tindakan penyimpangan dan berakibat ke kriminal.

Sementara itu, kenakalan remaja ini adalah tindak kriminal yang dapat memberikan pengaruh besar dalam masyarakat. Walaupun sejatinya pengaruh tersebut tidaklah diinginkan. Hal ini karena maraknya pemberitaan kriminalitas sehingga banyak yang mendorong apa sebenarnya yang terjadi dan penyebabnya.

Bahkan dari sisi faktor keluarga hingga perceraian orang tua juga turut andil dalam pembentukan kenakalan remaja. Kurangnya komunikasi antar anggota keluarga hingga terjadinya suatu perselisihan memicu adanya perilaku dan sikap negatif dari remaja itu sendiri.

Selain itu memberikan pendidikan yang cenderung salah, kemudian ditanam sejak kecil juga turut menjadi pengaruh besar. Mulai dari memanjakan anak, penolakan eksistensi anak hingga tidak memberi pendidikan agama, dapat memicu adanya kenakalan remaja.

Baca juga  Cara Mengatasi Kriminalitas yang Terjadi di Sekitar Kita

Tindakan yang remaja lakukan cukup bervariasi dan beragam. Hanya saja tindakannya tersebut hanyalah terbatas pada apa untuk pencarian identitas atau dirinya. Penyebab kenakalan remaja memang perlu menjadi perhatian. Mulai dari pembenahan faktor internal juga sisi eksternal.