Gadget  

Review Kamera Samsung Galaxy A33 5G Dalam Ruangan, Setelan Manual

Samsung Galaxy A33 5G telah meluncur di Indonesia pada Kamis, 31 Maret 2022. Dalam peluncuran di The Langham Jakarta – Ballroom Lantai 3, SCBD, Jakarta Selatan, itu, media yang meliput termasuk Tempo.co mendapat kesempatan untuk mencoba ponsel seharga mulai Rp 4,7 juta tersebut.

Tiap media mendapatkan satu unit Galaxy A33 5G dan Tempo.co mendapatkan perangkat dengan varian warna Awesome Black. Karena keterbatasan waktu, semua foto memakai fitur otomatis, bukan setelan manual.

Berikut ini adalah hasil dari kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 48 MP (f/1,8), ultra wide 8 MP (f/2,2), depth 2 MP (f/2,4) dan lensa makro 5 MP (f/2,4). Samsung mendukung sistem kamera belakang Galaxy A33 5G dengan fitur OIS.

  1. Warna vivid.

Samsung mengklaim memiliki hasil foto yang vivid (terang, jelas). Di dalam ballroom yang tidak terlalu terang, Tempo.co memilih objek bangku busa empuk warna-warni. Dan hasilnya warnanya cukup ke luar.

Baca juga  Xiaomi Uji Coba Fitur Peringatan Dini Gempa Bumi

Data teknis: Kecepatan 1/50, diafragma 1.8, tanpa flash, lensa 25 mm (setara 35 mm kamera DSLR), ISO: 64.

  1. Makro

Objek 2 ponsel Galaxy A33 5G berbeda warna yang ditumpuk. Hasilnya cukup bagus keduanya. Data teknis: kecepatan 1/33, diafragma 2,4, ISO: 50, Lensa 25 mm, tanpa flash.

  1. Benda transparan dan memantul

Objek deretan botol kaca. Warna yang dihasilkan sesuai aslinya. Data teknis: kecepatan 1/50, diafragma 1,8, ISO: 200, tidak memakai flash.

  1. Fitur Blur

Objek model wanita membawa A33 5G Awesome Light Blue dengan baju berwarna senada dan berlatar belakang warna-warni. Disarankan jika memakai fitur ini tidak menggunakan parameter blur hingga full. Hasilnya ada bagian objek terhadap background terlihat patah. Pada foto, rambut model bentuknya tidak alami.

Baca juga  Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022 Hadir Semakin Powerful

Data teknis: kecepatan 1/100, diafragma 1,8, ISO: 50, tanpa flash.

  1. Panorama

Fitur ini cocok untuk memperlihatkan lokasi tempat pengguna berada dalam satu buah foto. Jika digunakan di lokasi yang memiliki pemandangan alam indah, hasilnya bisa menjadi kenangan yang layak dibagikan di sosial media.

Data teknis: lensa 13 mm, tanpa flash.

  1. Video Digital Image Stabilization (OIS)

Fitur ini membuat video menjadi lebih stabil dan halus. Tempo.co mencoba fitur ini dengan berkeliling ballroom. Hasilnya cukup terbantu menjadi lebih stabil.

Berikut ini hasil kamera depan 13 MP (f/2,2),

  1. Hasil tajam

Dari percobaan hasil kamera depan bisa dikatakan cukup tajam. Mungkin, bagi yang merasa diri punya kulit wajah kurang halus, perlu menggunakan filter karena tekstur kulit terlihat cukup jelas.

  1. Filter seru
Baca juga  Headphone Ini Dilengkapi Pemurnian Udara, Simak Cara Kerjanya

Variannya ada muka berubah jadi beruang, kepala dinaiki kucing, bingkai hati, hati warna pink beterbangan, telinga jerapah, rambut poni panjang separuh, kumpulan kupu-kupu membentuk mahkota, di luar angkasa di kelilingi berbagai planet, gelembung transparan terbang, dan masih banyak lagi.

Berikut ini untuk hal lainnya,

  1. Terasa agak licin

Saat dipegang A33 5G terasa agak licin dipegang. Saat melakukan uji coba selfie, Tempo.co mesti berhati-hati untuk melakukan gerakan tersebut. Samsung menyatakan memiliki case yang memiliki strap di bagian belakang.

  1. IP 67

Galaxy A33 5G memiliki sertifikasi IP67 untuk ketahanan dari air dan debu. Samsung mendemonstrasikannya dengan menenggelamkan ponsel ke dalam aquarium–bukan air asin atau air laut. Performa tak terganggu setelah penenggelaman satu meter selama 30 menit.