Ragam  

Tindakan Pembunuhan Berencana Itu Apa? Kenali Lebih Jauh!

ilustrasi - net
ilustrasi - net

Tindakan pembunuhan berencana menjadi salah satu kejahatan yang bisa mendapatkan hukuman serius. Pelakunya bisa terkena jeratan hukuman ini tentu saja secara pengadilan negeri.

Maka dari itu beberapa pembagian dari kasus ini tentu menjadi salah satu kriteria kategorinya. Oleh karena itu kami akan membahasnya khusus untuk Anda.

ilustrasi - net
ilustrasi – net

Tindakan Pembunuhan Berencana Itu Apa Sih?

Kali ini kita akan membahas mengenai jenis kriminalitas yang memiliki motif khusus. Tindakan dari kejahatan ini memiliki rencana untuk melancarkan aksinya tentu saja.

Selain itu kita wajib tahu bahwa dengan tindakan kejahatan ini akan mendapatkan undang-undang khusus. Pasal yang dikenakan bukan hanya pembunuhan namun juga karena memiliki rencana dari kejadian ini.

Baca juga  Penyebab Kenakalan Remaja yang Berujung Kriminalitas

Menghilangkan nyawa seseorang secara sengaja seperti ini jelas tidak hanya menimbulkan kejahatan namun juga memiliki dosa. Maka dari itu akan ada sanksi secara pidana dan social juga.

Pasal Tindak Pidana Pembunuhan Berencana

Ada tindakan dari hukum yang mengatur tindakan kriminal dari pembunuhan berencana. Pasal yang mengaturnya adalah 340 KUHP dengan bunyi:

“Perbuatan yang disengaja untuk menghilangkan nyawa orang lain yang terbentuk dengan direncanakan, merampas nyawa, mengancam dengan merencanakannya akan mendapatkan hukuman penjara seumur hidup atau bahkan waktu paling lambat sampai 20 tahun”.

Ketika ada tindakan kejahatan seperti ini jelas memiliki kriteria masing-masing. Maka dari itu akan ada proses hukum yang menjeratnya.

Baca juga  Kisah Pembunuh Berantai 'Twitter', Hilangkan 9 Nyawa

Pembunuh Bayaran

Jenis yang lain dari pembunuhan berencana seperti ini adalah pembunuh bayaran yang mendapatkan misi dari orang lain. Karena pada dasarnya mereka memiliki motif tertentu dan melancarkan kejahatan seperti ini dengan proses yang akan membantu pembunuhan tersebut.

Kita mungkin pernah mengetahui kasus seperti ini dalam berbagai tayangan fiksi atau bahkan berbentuk tulisan. Padahal di kehidupan nyata tentu saja ada kejadian seperti ini bahkan yang diungkap dalam berbagai media.

Tindakan pembunuhan berencana ini masuk dalam kejahatan serius yang memiliki pasal yang menjerat. Kita bisa ajukan banding dan beberapa hukuman lainnya tentu saja sesuai dengan tindakan dari pembunuhan tersebut.