Ragam  

Tindakan yang Masuk dalam Pelecehan, Kerap Tidak Diketahui

Tindakan yang Masuk Dalam Pelecehan kerap kali tidak diketahui
Tindakan yang Masuk Dalam Pelecehan. Foto : pinterest.com

Tindakan yang masuk dalam pelecehan sebenarnya kerap kali kita jumpai, baik dalam lingkungan maupun di luar lingkungan. Pelecehan seksual merupakan tindakan yang bernuansa seksual, baik dengan kontak fisik maupun non-fisik.

Banyak orang mengira tindakan seksual adalah tindakan menyentuh dan menyasar area sensitif seseorang sedang ngantuk menyentuh. Padahal, ada juga bentuk non fisik yang juga masuk dalam pelecehan, seperti merekam, siulan, main mata, hingga menunjukan konten bertema fornografi.

Tindakan yang Masuk Dalam Pelecehan kerap kali tidak diketahui
Tindakan yang Masuk Dalam Pelecehan. Foto : pinterest.com

Jenis Tindakan yang Masuk dalam Pelecehan Seksual

Pada dasarnya kategori pelecehan seksual terbagi menjadi 5 kategori. Selain tindakan yang berbau seksual, ada juga beberapa tindakan yang jarang orang ketahui, ternyata masuk juga dalam pelecehan seksual.

Baca juga  Wajib Tahu, Inilah Cara Mengatasi Cyberbullying

Pelecehan Gender

Menghindari gender bisa masuk dalam kategori pelecehan seksual. Tindakan yang sering terjadi seperti menghina, merendahkan wanita di sosial media atau dunia nyata. Bahkan, tindakan ini bisa berupa berkomentar dengan kekurangan tubuh dan humor yang menyinggung wanita.

Pemaksaan Seksual

Memaksa untuk melakukan hubungan badan juga masuk dalam pelecehan. Apalagi tindakan pemaksaan ini juga ada unsur ancaman hukum, sehingga membuat korbanya takut dan tidak memiliki kekuatan untuk menolak.

Perilaku Menggoda

Pelecehan dalam bentuk perilaku menggoda ini, yang paling sering terjadi, sebab ada di berbagai tempat mulai dari lingkungan kerja, masyarakat, hingga sekolah. Tindakannya juga bervariasi, mulai dari ajakan seksual, memaksa, mengirimkan pesan dan telepon yang mengganggu, dan sebagainya.

Baca juga  Tips Ambil Sikap yang Tepat Ketika Ada Kekerasan Disekitar Kita

Menjanjikan Imbalan

Tindakan yang masuk dalam pelecehan selanjutnya. Pelecehan ini menjanjikan imbalan ketika korban mau untuk berhubungan intim, baik terang terangan atau tertutup. Dalam beberapa kasus, biasanya imbalan tidak akan diberikan dan hanya iming-iming demi kepuasan nafsu pelaku.

Seperti berita kemarin yang sempat heboh, kasus pemerkosaan 13 santri di Bandung, yang di iming-imingi akan dikuliahkan oleh pelaku. Meski melakukanya dengan sukarela, namun hal ini tetap masuk dalam tindak pelecehan.

Sentuhan Fisik yang Disengaja

Berupa sentuhan seperti menyenggol, sengaja menyentuh, atau menempelkan anggota tubuh tertentu pada korban. Biasanya terjadi ketika korban sedang lengah. Tindak pelecehan seperti ini, bahkan juga sering terjadi pada pria. Korban akan mengalami trauma berkepanjangan, depresi, hingga gangguan lain.

Baca juga  Cara Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak yang Harus diterapkan

Beberapa tindakan yang masuk dalam pelecehan ini, perlu Anda ketahui. Mungkinkah Anda yang suka menggunakan transportasi umum? Karena pelecehan paling banyak terjadi di tempat seperti itu dan pelaku juga sering lolos.