Ragam  

Tips Menghindari Kejahatan di Jalan, Penting Untuk Anda Pahami

Tips Menghindari Kejahatan di Jalan, Penting Untuk Anda Pahami
pixabay.com

Tips menghindari kejahatan di jalan penting dipahami. Saat ini banyak pelaku kejahatan berkeliaran mencari korban. Bahkan pelaku juga tidak segan untuk melukai korbannya menggunakan senjata tajam. Sehingga sebagai pengguna kendaraan dan jalan tentunya harus lebih berhati-hati.

Tips Menghindari Kejahatan di Jalan, Penting Untuk Anda Pahami
pixabay.com

Inilah Beberapa Tips Menghindari Kejahatan di Jalan

Tentu tidak ada salahnya untuk selalu waspada dan mempersiapkan diri agar terhindar dari bahaya. Berikut ini beberapa tips penting yang perlu Anda pahami saat berada di jalan.

Siap Mental dan Fisik

Anda perlu menghindari mengemudi saat tubuh tidak fit, sakit, bahkan sedang emosi. Kondisi tersebut dapat menurunkan kewaspadaan Anda. Nantinya pengemudi menjadi ceroboh dan kurang menyadari dengan adanya ancaman di jalan.

Baca juga  Wajib Tahu, Inilah Cara Mengatasi Cyberbullying

Persiapkan Kendaraan

Pastikan untuk selalu lakukan pre-trip inspection. Caranya dengan mengecek semua bagian kendaraan. Mulai dari ban, kunci, lampu-lampu hingga bagian mesin. Pastikan semuanya bekerja dengan baik. Hal itu agar mobil Anda tidak berhenti di tengah jalan karena mengalami mogok.

Lakukan Perencanaan Perjalanan

Anda perlu mengatur jam dan rute perjalanan. Pastikan mengenali dan dapat menghindari daerah-daerah rawan kejahatan serta macet. Sebaiknya Anda juga tidak mengemudi sendiri saat malam hari.

Amankan Bawaan

Pastikan untuk tidak membiarkan barang bawaan berserakan di jok atau dasbor. Sebaiknya Anda meletakkan dompet dan handphone di tempat tertutup. Selain itu, juga tas kerja, laptop, kamera dan yang lainnya di bagasi agar tidak terlihat dari luar.

Baca juga  Cara Menghindari Pergaulan Bebas untuk Remaja yang Benar dan Efektif

Jaga Penampilan

Pastikan tidak menggunakan dandanan dan perhiasan berlebihan. Hal itu karena dapat mengundang pelaku kejahatan. Terlebih apabila kaca mobil Anda cukup terang.

Jangan Berhenti Sembarangan

Apabila harus berhenti di jalan dengan alasan tertentu. Sebaiknya Anda menepi di tempat yang ramai dan banyak orang yang mengawasinya. Apabila Anda menepi, maka saat yang itu rawan untuk terjadinya tindak kejahatan. Saat merasa tidak perlu, sebaiknya tidak menepi atau berhenti sembarangan tanpa pengawasan dari orang sekitarnya.

Selalu Waspada dengan Kondisi Sekitar

Kemungkinan Anda tidak akan dapat terhindar, apabila tidak waspada atau bahkan tidak menyadarinya. Pastikan tidak lengah juga terpaku pada layar gadget, hingga tidak menyadari kondisi sekitarnya. Saat mendengarkan musik, atur volumenya agar masih terdengar suara dari luar.

Baca juga  Yuk, Ketahui Apa Saja Faktor Penyebab Kriminalitas dalam Sosiologi!

Berbagai tips menghindari kejahatan di jalan tersebut menjadi sangat penting untuk Anda. Sehingga dapat waspada dan mempersiapkan diri agar terhindar dari bahaya.