Xiaomi Uji Coba Fitur Peringatan Dini Gempa Bumi

Xiaomi dilaporkan tengah menguji coba fitur yang bisa memberikan peringatan dini gempa bumi melalui handphone di Indonesia.

Dengan pengujian fitur baru tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat mendeteksi gempa yang akan terjadi.

“Kami berharap bisa membantu warga Indonesia,” kata pimpinan Xiaomi di Indonesia Alvin Tse dalam siaran pers, dikutip Jumat (1/4).

Fitur peringatan dini gempa bumi yang disebut early earthquake warning akan memberi notifikasi melalui ponsel belasan detik sebelum gelombang sekunder tiba.

Selain itu, fitur itu bisa memanfaatkan kecepatan gelombang listrik.

Ketika fitur itu dinyalakan di ponsel Xiaomi, sistem akan melakukan sinkronisasi informasi peringatan dini ke server Xiaomi melalui kanal khusus.

Dia menyatakan mereka menggunakan kanal prioritas untuk memberikan peringatan dini kepada pengguna yang berada di daerah terdampak bencana.

Baca juga  Apex Legends Mobile Gelar Event Khusus Ramadhan

Menurut dia, notifikasi akan muncul di ponsel jika gempa mencapai skala IV Modified Mercalli Intensity (MMI) yang digunakan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Peringatan dini gempa bumi di ponsel Xiaomi akan menampilkan skala (magnitudo) gempa, estimasi datang, dan intensitas gempa.

Layar ponsel juga akan menampilkan hitungan mundur.

Hanya saja, fitur tersebut baru bisa digunakan pada HP Xiaomi yang menggunakan sistem operasi MIUI 12, MIUI 12.5 dan MIUI 13.

Peringatan dini bencana gempa memerlukan sambungan ke data internet.

Uji coba ini diadakan sebelum Xiaomi memutuskan untuk membawa fitur ini ke Indonesia.

Teknologi EEW yang digunakan itu dikembangkan oleh Instituteof Care-Life di Chengdu, China, sejak 2008. (antara/jpnn)

Baca juga  Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022 Hadir Semakin Powerful